Monday, November 1, 2010

KOREAN MUSIC AND DANCE

Korea Selatan kaya akan lagu tradisional, nyanyian Shaman, mitos, legenda, dan cerita rakyat. Nyanyian tradisional masyarakat Korea sangat banyak dan beraneka ragam. Meliputi nyanyian untuk upacara adat, bekerja, serta lagu tentang kehidupan keseharian. Arirang adalah salah satu lagu tradisional masyarakat korea yang terkenal yang memiliki banyak variasi.
 
Syair atau narasi, lagu tradisional diiringi dengan lantunan musik tradisional yang dimainkan dengan alat musik perkusi, seperti drum, simbal, gong dan oboe. Salah satu jenis lagu tradisional adalah p’ansori, adalah narasi panjang yang berlangsung dalam beberapa episode dan dapat dilanjutkan dalam beberapa jam. Diiringi oleh oleh lantunan suara drum yang berbentuk seperti jam pasir, p’ansori adalah gabungan antara berbicara dan bernyanyi.
 
Musik ritual Shaman mengiringi lagu yang dinyanyikan untuk mencapai alam bawah sadar di dalam shaman (mudang), gambaran spiritual yang dianggap sebagai sarana untuk hidup bersama roh-roh. Upacara mudang terdiri dari tarian, musik, serta kostum yang berwarna-warni.
 
Musik dan tarian resmi dimainkan pertama kali di istana kerajaan semasa kerajaan Shilla dan dinasti penerusnya melanjutkan tradisi ini. Sekarang berbagai macam paguyuban memainkan musik dan tarian istana. Jenis lagu termasuk Kagok, lagu dengan syair yang panjang, Kasa, lagu narasi yang pelan, dan Sijo, puisi sijo yang dibawakan dengan nyanyian.

Tarian Tradisional Korea

No comments:

Post a Comment